TRAINING AGENDA 2004

a. Training Analisis Air dan Air Limbah Industri.
Tujuan Training ini adalah: (i) Meningkatkan pema-haman tentang prinsip-prinsip analisis laboratorium, mencakup kromagtrografi, spektrofotometri, titrimetri dll., (ii) Meningkatkan pemahaman tentang berbagai parameter karakteristik air dan air limbah, (iii) Mening-katkan kemampuan teknis dalam analisis, mencakup teknik sampling, teknik penangan sampel, teknis analisis, dan interprestasi data, dan (iv) Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam operasi dan perawatan peralatan analisis.
b. Training Desain dan Optimasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
Tujuan training ini adalah: (i) Memberi pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen limbah cair, dan upaya minimisasinya (kuantitas dan kualitas), (ii) Meningkatkan pengetahuan tentang karakteristik limbah cair, dan kaitannya dengan teknologi penanganan yang diperlukan, serta pengaruhnya terhadap lingkungan, (iii) Meningkatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip penanganan air limbah industri, mencakup penanganan primer, sekunder (biological wastewater treatment), dan tersier (advanced waste water treatment), serta penanganan sludge, (iii) Meningkatkan pemahaman tentang konsep, dan pertimbangan - pertimbangan dalam perancangan instalasi penanganan air limbah / sludge, (iv) Meningkatkan kemampuan teknis dalam mendesain proses dan instalasi penanganan air limbah, (v) Meningkatkan pengetahuan tentang jenis dan nilai parameter desain berbagai unit operasi instalasi penanganan air limbah, (vi) Meningkatkan kemampuan dalam pengoperasian instalasi penanganan air limbah secara efisien, (vii) Meningkatkan kemampuan meng-hindari terjadinya gangguan, dan pemecahan masalah yang timbul akibat berbagai gangguan pada instalasi penanganan air limbah, dan (viii) Meningkatkan kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi dan mengoptimalkan instalasi penanganan air limbah / sludge.
c. Training Desain dan Optimasi Instalasi Pengolahan Air Bersih
Tujuan Training ini adalah: (i) Memberikan penge-tahuan tentang prinsip-prinsip manajemen proses penyediaan air bersih, (ii) Meningkatkan pengetahuan tentang karakteristik air dari berbagai sumber, dan kaitannya dengan teknologi pengolahan yang diperlu-kan, serta pengaruhnya terhadap lingkungan, (iii) Meningkatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip penanganan air bersih, mencakup pengolahan untuk menghilangkan bahan tersuspensi, bahan terlarut, dan mikroorganisme, (iv) Meningkatkan pemahaman tentang konsep, dan pertimbangan-pertimbangan dalam perancangan instalasi penanganan air bersih, (v) Meningkatkan kemampuan teknis dalam mendesain proses dan instalasi penanganan air bersih, (vi) Meningkatkan pengetahuan tentang jenis dan nilai parameter desain berbagai unit operasi instalasi penanganan air bersih, (vii) Meningkatkan kemampuan dalam pengoperasian instalasi penanganan air bersih secara efisien, (viii) Meningkatkan kemampuan menghindari terjadinya gangguan, dan pemecahan masalah yang timbul akibat berbagai gangguan pada instalasi penanganan air bersih, dan (ix) Meningkatkan kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi dan mengoptimalkan instalasi penanganan air bersih.
d. Training Produksi Bersih
Tujuan Training ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang konsep produksi bersih (Cleaner Production), dan meningkatkan kemampuan untuk melakukan asesmen atau audit produksi bersih, mengintegrasikan produksi bersih ke dalam sistem ISO 14000, pengembangan produk dan teknologi ramah lingkungan, Life Cycle Analysis, analisis kelayakan tekno-ekonomi, dan kemampuan dalam menyusun strategi penerapan produksi bersih.
e. Training Manajemen Limbah B3
Tujuan Training ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), peraturan yang berkaitan dengan manajemen limbah B3, dan meningkatkan kemampuan untuk mengelola limbah B3, meliputi usaha preventif (reduksi, recycling, reuse), pengumpulan, transportasi, pengolahan dan penimbunan (disposal) dalam rangka minimisasi biaya pengelolaan limbah B3.

1. Fasilitas dan staf Pengajar
Trainining didukung oleh Laboratorium Instrumentasi CDSAP – IPB, dan Laboratorium Teknologi dan Manajemen Lingkungan, Jurusan Teknologi Industri Pertanian IPB (Laboratorium Rujukan untuk Wilayah Jawa Barat, SK. Gubernur Jawa Barat No. 658. 31/SK. 1718/BKPMD/1992). Laboratorium didukung dengan fasilitas peralatan modern seperti AAS, GC, HPLC, UV-Vis Spektrofotometer, TOC-Analyzer, Element Analyzer (CHNSO), Mikroskop dengan image processing, Jar Test, serta peralatan laboratorium lainnya. Selain itu, laboratorium juga dilengkapi dengan sarana untuk demo dengan skala pilot plant.

Tenaga pengajar/instruktur berasal dari pergurunan tinggi maupun industri yang bergerak di bidang yang relevan. Selama pelaksanaan training juga akan dilakukan praktikum, demo laboratorium, dan kunjungan industri. Konsultasi secara khusus juga diberikan kepada setiap peserta yang memerlukan pemecahan masalah yang dihadapi industri tempat peserta bekerja.

2. Peserta

Untuk mempertahankan efektivitas training, jumlah peserta dibatasi maksimum 12 orang. Peserta dapat berasal dari industri, lembaga pemerintah / perguruan tinggi, dengan syarat minimum lulusan program sarjana (S1), diploma 3 (D3), atau yang telah memiliki pengalaman bekerja di bidang yang berkaitan.

3. Waktu dan Biaya

No Training Waktu Biaya (Rp/peserta)
1 Analisis Air dan Air Limbah Industri 4-7 Okt. 2004 2.500.000
2 Desain dan Optimasi IPAL 18-21 Okt. 2004 2.000.000
3 Desain dan Optimasi Instalasi Pengolahan Air Bersih 20-23 Sept. 2004 2.000.000
4 Produksi Bersih (Cleaner Production) 23-27 Agust. 2004 2.000.000
5 Manajemen Limbah B3 3-8 Okt. 2004 2.000.000
Keterangan:
Biaya tersebut mencakup modul training, training kit, konsumsi (snack dan siang), dan sertifikat; tetapi tidak mencakup biaya penginapan.

4. Informasi dan Pendaftaran

Dr. Suprihatin / Dr. Nastiti Siswi Indrasti
CDSAP– IPB, Gedung Fateta Lt. 2
PO. Box 220 Kampus IPB Darmaga Bogor
Tel./Fax.: 0251 – 627 830 atau 0251 – 621 974
HP: 081 310 895 109
E-mail: cdsapipb@indo.net.id

FORMULIR PENDAFTARAN*)

Mohon didaftar sebagai peserta (beri tanda silang):

 Analisis Air dan Air Limbah Industri
 Desain dan Operasi Instalasi Penanganan Air Limbah Industri
 Desain dan Optimasi Instalasi Pengolahan Air Bersih
 Produksi Bersih (Cleaner Production)
 Training Manajemen Limbah B3

Nama : …………………………………………………
Instansi : …………………………………………………
Alamat : ……………………………………………………………………………………
Telefon : …………………………………………………
Fax. : …………………………………………………
E-mail : …………………………………………………

Pembayaran (beri tanda silang):

– Transfer melalui rekening bank
– Lain-lain: …………………………………………………………


………….., ……………


………………………………...
Nama dan tanda tangan

*)Formulir dapat difotokopi dan dikirim melalui pos, fax, atau e-mail.

Comments

Popular posts from this blog

Zaky dah 7 Bulan

Wanita