Seminar ISO 9000

Image hosted by Photobucket.com

Tanggal 16 Desember 2006 kemarin, saya mengikuti seminar tentang ISO 9000. Berikut saya sampaikan materi presentasi ISO 9000:

ISO merupakan sebuah organisasi internasional yang beranggotakan dari badan standardisasi nasional yang diwakili dari tiap-tiap negara, saat ini anggotanya kurang lebih terdiri dari 145 negara. Organisasi ini didirikan pada tahun 1947 di London, Inggris, dan saat ini bermarkas besar di kota Genewa, Swiss. Adapun tujuan pendiriannya adalah untuk mengembangkan standardisasi di seluruh dunia. Organisasi ini mulai beroperasi efektif pada tanggal 23 Februari 1947.

ISO merupakan akronim dari The International Organization for Standardization. Bila disingkat setiap negara akan memiliki singkatan yang berbeda-beda pada tiap-tiap negara anggotanya, maka ditetapkanlah kata "ISO" sebagai nama dari organisasi. Kata "ISO" yang berasal dari bahasa Yunani yaitu "Isos" yang berarti "sama" (equivalent). Kata ini diadopsi oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi menjadi nama dari organisasinya disamping karena kemiripan arti kata ini dengan tujuan organisasi.

Sebagai tuntutan pasar ternyata penerapan ISO memberikan nilai tambah :
1.Meningkatkan citra perusahaan
2.Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
3.Meningkatkan efisiensi kegiatan
4.Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran 5.dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act)
6.Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
7.Mengurangi resiko usaha
8.Meningkatkan daya saing
9.Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan
10.Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal

Keluarga ISO 9000 terdiri dari:
ISO 9000 yang memuat tentang Dasar-Dasar dan Istilah untuk Sistem Manajemen Mutu
ISO 9001 yang memuat tentang Persyaratan-Persyaratan Sistem Manajemen Mutu
ISO 9002 yang memuat tentang jaminan mutu di produksi, instalasi dan pelayanan
ISO 9003 yang memuat jaminan mutu di inspeksi akhir dan pengujian
ISO 9004 yang memuat tentang Panduan untuk Perbaikan Kinerja

Mutu adalah gambaran dan Karakteristik menyeluruh dari barang/jasa yang menunjukkan kemampuan dalam memuaskan konsumen/pelanggan sesuai dengan kebutuhan yang ditentukan. ISO 9000 adalah suatu standar sistem manajemen mutu, bukan standar mutu produk

Dokumen ISO terdiri dari 4 level:
level 1 : manual atau panduan mutu
level 2 : prosedur
level 3 : instruksi kerja
level 4 : formulir/rekaman

Link yang berhubungan dengan iso :
Situs Resmi ISO
ISO 9001
Download ISO 9000:2005

Comments

Popular posts from this blog

Zaky dah 7 Bulan

Bumi Sedang Menangis